Selasa, 24 Maret 2015

Bahan bahan untuk membuat pakan sapi

Bahan bahan untuk membuat pakan sapi 

dalam menghadapi bahan pakan yang semakin mahal selain itu akan memberatkan kita pada perawatan sapi hal ini juga dapat mempengaruhi keuntungan yang didapat ,tetapi kini kita bisa membuat nya sendiri dengan memanfaat kan bahan bahan yang ada disekitar kita yang sering ditemui dengan bantuan SOC bahan bahan tersebut akan di fermentasi dan menjadi bahan pakan yang sehat dan bergizi tinggi langsung saja kita simak cara Bahan bahan untuk membuat pakan sapi
  1. Tangakai Jagung kering, disini tidak terbatas hanaya pada tangkai jagung saja, tapi dau jagung serta kulit jagung yang sudah kering dapat dijadikan makanan sapi (ternak ruminansia) setelah melalui proses fermentasi
  2. Tongkol Jagung yang  biasanya dibuang dengan dibakar. Tongkol jagung ternyata memiliki serat dan kandungan protein yang dapat dijadikan makanan ternak sapi, setelah dilakukan fermentasi. Fermentasi tongkol jagung terbaik adalah fermentasi tongkol jagung yang sudah di pecahkan (bukan ditepungkan).
  3. Tangkai padi (jerami), dikala musi panen padi ketersediaan jerami sangat melimpah, jerami juga jarang dimanfaatkan oleh petani untuk pakan ternak mereka. Jerami adalah salah satu limbah pertanian yang paling mudah difermentasi.
  4. Ampas kulit kopi, kulit kopi memang lunak dan disukai oleh ternak jadi tanpa proses fermentasi sekalipun ampas kulit kopi ini dapat diberikan secara langsung kepada ternak.
  5. Kulit kakao (cokelat), kulit cokelat ini juga salah satu limbah pertanian yang disukai ternak, tapi kulit kakao tidak baik bila diberikan begitu saja kepada ternak sapi, ada zat kitin yang sulit dicerna oleh lambung sapi pada kulit kakao. Untuk itu sebaiknya kulit kakao difermentasikan terlebih dahulu sebelum diberikan pada ternak sapi.
demikian penjelasan bahan bahan yang bisa dipakai untuk bahan bahan pakan untuk sapi

sedikit tips untuk anda 
 mengetahui penyakit pada  sapi 
Penyakit mulut dan kuku (PMK)
gejala :

a..Rongga mulut, lidah, dan telapak kaki atau tracak sapi melepuh, serta terdapat tonjolan bulat berisi cairan yang bening pada bagian tubuh tersebut.
e.Air liur keluar secara berlebihan


penyakit ngorok
penyakit ini menular melaui makanan
    Gejala  :
b   Selaput lendir tidak bengkak berwarna merah kebiruan
c   Bengkak pada kepala, bagian bawah dada, kaki dan atau pangkal ekor
d   Sesak nafas sehingga terdengar seperti ngorok







 termakasih sudah berkunjung keblog saya baca juga 

membuat pakan Fermentasi kambing dengan SOC

0 komentar:

Posting Komentar